Senin, 20 Februari 2012

Salam Hangat LOntong..


NCC Ketupat-Lontong Week !!




Hayaaahhhh.....apaan nih? 
Yah, seperti biasa di komunitas Natural Cooking Club a.k.a NCC seringkali kita buat event online seru tentang pelbagai jenis makanan. Saking banyaknya resep yang bisa dibuat dari satu jenis makanan, maka timbul ide untuk merangkumnya dalam satu event online selama kurang lebih satu bulan penuh dan dituangkan dalam blog semacam ini. Misalnya: Bangket Week (tentang aneka resep kue bangket), soes week (tentang aneka variasi kue soes) atau yang sebelum ini Chinese Food Week (tentang aneka resep masakan, minuman dalam jajaran chinese food).

Naaahhhhh, yang kali ini karena satu keterprucutan ...eh apa yaaa.....kelepasan omongan tentang Lontong Kupang Surabaya, mengalirlah email-email tanggapan dan pertanyaan seputar makanan dengan menyertakan lontong sebagai pelengkapnya. Rameeeee banget........dan ...dan.......dan inilah hasilnya. Tiga orang kecebur bungkusan lontong dan memberanikan diri jadi host : Jeng Miraa Nihlaa, teteh Rosdaniar , dan Endang Purwani (bu Uban). Sekalian mau mendukung tekad guru besar NCC mbak Fatmah Bahalwan untuk menyatakan pada dunia bahwa lontong dan ketupat adalah makanan ASLI INDONESIA !!! 

Makanan yang terbuat dari beras dibungkus daun pisang ini, entah darimana sejarahnya terbentuknya. Tetapi apakah Lontong itu, dijabarkan dalam Wikipedia sebagai berikut : 



"Lontong adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras yang dikukus di dalam bungkus dari daun pisang. Lontong biasanya disajikan dengan saterujak atau gulai kambing. Walau makanan ini mirip dengan Buras, lontong lebih sering ditemukan di banyak rumah makan di Indonesia. Ini disebabkan karena cara pembuatan lontong yang lebih mudah dari ketupat. Ketupat yang dibuat juga dengan beras dalam daun kelapa muda (janur) biasanya lebih sering ditemukan pada masa hari raya Idul Fitri.
Karena dikukus dalam daun pisang, lontong dapat berwarna hijau di luarnya, sedangkan berwarna putih di dalamnya. Lontong banyak ditemui di pelbagai daerah di Indonesia sebagai pengganti nasi putih. Walau juga dibuat dari beras, lontong memiliki aroma yang khas. Yang pasti lontong dan ketupat adalah makanan masakan khas asli dan original buatan Indonesia. Keasliannya tak ubahnya dengan Warok. Kalaupun ada lontong dan ketupat di negara lainnya seperti MalaysiaBrunei, dan Singapura. Itu tidak lain adalah budaya serapan yang dibawa oleh perantau Indonesia ke negeri tersebut sejak dulu kala."


Sedangkan Resep dasar pembuatan lontong itu sendiri adalah sebagai berikut :

  • Pilih beras berkualitas baik, cuci bersih. Agar teksturnya lebih pulen dan menyatu, boleh ditambahkan dengan air kapur sirih.  Larutkan 1/8 sdt kapur sirih dalam 1 sdm air, campur dengan 1 kg beras. 
  • Sebaiknya gunakan daun pisang dari jenis pisang batu karena bisa menyumbangkan warna hijau pada hasil jadi lontong sehingga tampilannya lebih cantik dan menggiurkan. 
  • Jemur terlebih dahulu daun pisang hingga lemas dan mudah digulung. Buang tulang daunnya, kemudian lap dengan kain bersih sebelum digunakan. 
  • Buat selongsong dari daun pisang dengan bagian mengilap berada di dalam agar kulit lontongnya berwarna hijau muda. Isi dengan beras hingga setengahnya, semat dengan lidi. 
  • Jangan gunakan plastik untuk membuat lontong, sebab senyawa dalam plastik dapat mengontaminasi lontong selama perebusan. 
  • Tata dalam panci, tuangi air hingga terendam. Masak selama 3-8 jam, tambahkan air jika perlu. Makin lama memasak, lontong makin tanak, dan umur simpannya makin lama. 
  • Tiriskan lontong yang telah matang, susun berdiri hingga airnya tiris benar. 
  • Lontong tahan hingga 2 hari. Jika tak habis disantap, simpan dalam lemari pendingin. Hangatkan dengan cara mengukusnya. Jangan konsumsi lontong yang telah berair atau berlendir. (http://www.femina.co.id/archive/main/kuliner/tips_detail.asp?id=451&views=6 )


Sudah siap bikin aneka masakan lontong? dengan berbagai modifikasi resep lontong..?? Hayok lah Gan.....Lontong Satu Bulan....oh enaknyaaa....Lontong Satu Bulan membuatku terbayang *modifikasi lagu Cinta Satu Malam, Gan*
Eiittss.....ada cerita gini : 

"Suatu hari ada ibu-ibu lagi masak beras dimasukkan ke gulungan daun pisang. Tiba-tiba datang anaknya sehabis main dan kelaparan. Melihat ibunya masak, dia bertanya," Nyak, udah mateng lon?Masak apa" Ibu menjawab,"Lon, Tong". Maksudnya masakannya belum matang. Seperti kita tahu, anak kecil acapkali dipanggil dengan sebutan Entong di Betawi. Tidak hanya sekali tanya jawab ini terjadi, karena begitu laparnya si anak. Dan selalu jawaban ibunya, " Lon,Tong".
Lama-lama anaknya ingat bahwa dia memang belum mengetahui apa masakan yang sedang dimasak oleh ibunya. Jadilah dia berkesimpulan sendiri," Oooohhh Nyak masak Lontong!"

Benar tidaknya.........wallahualam..........yang penting enaaakkk!!!! 

salam Hijau Lontong
Trio Wokehh ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...