Rabu, 14 Maret 2012

Lontong Imut dengan Bakso Malang by Dhyta

Baru liat lontong imut dengan teman makannya bakso malang?? berikut laporan dari dhyta mengupas tuntas.. bakso malang dengan lontongnya...

Hallo trio wokeh lontongers.. :-))
saya mau setoran nih(anyway ini pertama ikutan dan baru gabung…).. lontong imut dengan menu pendamping bakso malang
sebagai kera ngalam (sebutan untuk orang malang) bakso sudah menjadi makanan sehari-hari. Mau dimanapun kita berada standart nama bakso pasti ada embel2nya malang(nggak semua sih). Kalau dimalang bakso bukan hanya sekedar snack tapi juga pengganti makan berat, terutama makan siang.
Karena sebagai penganti makan siang, tentu saja ada menu utama makanan orang Indonesia yaitu berasnya…… bukan..bukan orang malang nggak makan bakso ma nasi putih…kita biasanya makan sama lontong!Biasanya penjual bakso malang entah keliling atau di kios, lontongnya dibentuk imut-imut jadi pas masuk mangkok. Jadi inspirasi ane bikin ini adalah dari penjualan bakso di malang.
Sebenarnya aku nggak gitu tahu standart bakso bisa disebut bakso malang. Jadi ini sih kira-kira yang ane biasa makan..sebenarnya bisa ditambahi tahu entah tahunya digoreng atau nggak yang dijejali adonan daging…tapi karena ane nggak pernah makan tahu seumur hidup jadi tahu di skip.



LONTONG IMUT
Bahan lontong 
  • 400 gram beras 
  • 500 ml air 
  • Daun pisang secukupnya 
  • Garam secukupnya.

Cara membuat
  1. Cuci bersih beras rendam minimal 2 jam
  2. Rebus beras dan air hingga setengah matang dan semua air meresap.
  3. lemaskan dulu daun pisang agar mudah dibentuk. Potong-potong sesuai ukuran lontong yang anda inginkan.
  4. Letakan nasi setengah matang diatas daun pisang(isi hanya setengah bagian dari keseluruhan panjang lontong), gulung rapat hingga berbentuk tabung. Sematkan lidi atau tusuk gigi.
  5. Susun lontong didasar panci, isi dengan air hingga lontong terendam sepenuhnya.
  6. Rebus kembali kira 1 jam…biasanya keluar desis gitu. Atau bisa di cek udah mateng apa belum, kalau belum bisa dilanjut ngerebusnya.
Untuk pendamping lontong imut aku menghidangkan dengan bakso malang....resepnya dibawah ini

BAKSO MALANG
Jujur saya tidak tahu standart sebuah bakso bisa dibilang bakso malang….ya wes lah ini yang sering saya makan…kemarin belajar nyoba sendiri—alasanya karena lontong weeknya NCC--- hehe coba kalau nggak ada…ya pengen bikin sendiri kok aslinya..walau saya punya langganan bakso malang yang menjamin baksonya halal..#tapi emang ada niat buat sendiri coz sapa tahu ane leave malang… untung ada NCC yang member niat ane bikin dewe #bingung.
Okeh ini dia 
 
BAKSO MALANG
Bahan bakso
  1. 500 gram daging sapi segar (jangan yang udah di frezzer). Sebaiknya daging yang bebas urat dan sedikit lemaknya (biasanya daging gandik or lemusir atau bisa juga bagian paha depan dkk) aku pakai daging sengkel soalnya sukah ma bakso kasar.
  2. tepung tapioca (15-20% dari berat daging)
  3. Garam secukupnya
  4. Merica Bubuk secukupnya
  5. Bawang Putih secukupnya
  6. Es Batu secukupnya (10-15% dari berat daging)

Cara membuat
  1. Bersihkan daging dari lemaknya. Potong-potong
  2. Masukan food processor, sambil digiling masukan es batu sedikit demi sedikit.
  3. Lakukan pengilingan hingga teksturnya halus.
  4. Campur daging giling dengan bahan-bahan lainnya.
  5. Kemudian lakukan pengilingan lagi hingga bahan tercampur rata dan kalis.
  6. Setelah itu bulatkan daging(aku pakai 2 sendok) dan langsung dimasukan air mendidih.
  7. Rebus hingga baksonya naik kepermukaan.

Resep siomay basah dan goreng mekar
(dimalang bakwan basah disebuh siomay dan bakwan goreng disebut goreng mekar) aku pakai adonan daging sapinya, biasanya klo siomay pakai daging ayam or ikan( tapi ane males jadi pakai sisa bakso aje)

Bahan
  1. adonan bakso (secukupnya)
  2. Kulit pangsit jadi
Cara pembuatan.
  1. Ambil kulit pangsi, masukan adonan bakso.
  2. Untuk siomay di kukus dan untuk goreng mekarnya di goreng diminyak panas

Resep kuah bakso

Bahan dan cara membuat
  1. 1 buah dengkul sapi (bisa dibeli di pasar kok) atau pakai iga juga bisa. Dimasak di api kecil
  2. Tambahkan garam-gula dan merica secukupnya.


sajikan bersama lontong...

salam 
Dhyta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...