Senin, 20 Februari 2012

Rule of The Game.....yiiihaaaa !!!

Ah iya dooonngg ....demi rapi dan tertibnya event serta menimimalisir hil-hil yang mustahal...* eewww, jadi kangen Asmuni Srimulat*....perlulah ya kita buat garis-garis aturan........

Nah, kayak gini nih RoTG-nya :

1. NCC Ketupat-Lontong Week adalah event online di mana semua peserta menghasilkan kreasi kulinernya dari rumah lalu menyertakan laporannya untuk dinikmati bersama secara online di milis dan di blog yang sudah dibuat khusus untuk itu.

2. NCC Ketupat-Lontong Week dapat diikuti oleh semua NCCers di manapun berada, mau yang lama atau pun baru, semua bisa masak lontong dan ketupat dengan bentuk seru - seruan di event online ini. Event ini dimulai dari tanggal 25 Februari 2012 s.d 25 Maret 2012. (laporan yang diterima setelah tanggal 25 Maret 2012 akan diterima sebagai arsip di blog dan tidak mendapat badge sebagai "tanda lulus" ikut berpartisipasi even NCCKLWeek)

3. Silakan praktek memasak Lontong dan Ketupat yang disajikan bersama teman2 nya misalkan lontong kari ayam, kari daging berikut kerupuknya kalau ada, intinya masakan yg bisa dkreasikan dengan lontong, atau sebaliknya tampilan lontong yg bisa disajikan dengan masakan lain, atau seperti halnya bikin sate disajikan juga dengan lontong, untuk resepnya bisa dari resep milik sendiri, resep warisan keluarga, resep hasil browsing, resep hasil nodong koki restoran, resep tetangga atau resep hasil semedi di dapur, no problemo... . Jika yang Anda masak bukan resep milik sendiri, harap mencantumkan pemilik resepnya. Jika menemukan resep dari hasil browsing harap mencantumkan link dari mana anda mendapatkannya. Moderator NCC dan Host Event tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun jika di kemudian hari timbul masalah berkaitan dengan tidak dicantumkannya pemilik asli resep pada laporan yang disetorkan di event ini.

Sebisa mungkin dan sangat ditekankan: masakan yang dibuat adalah perwujudan cita rasa Indonesia pada masakan lontong dan ketupat karena event ini juga bertujuan sebagai pelestarian makanan khas Indonesia dari pengaruh makanan luar.

4. Kalau dikumpulkan dari penjuru Nusantara. banyak sekali hidangan yang serupa lontong, karena tampilannya , cara memasaknya, atau karena bahan dasarnya, seperti beras, walaupun ada juga yang menggunakan beras ketan seperti lemang dari daerah Sumatra, Gogos dari Bugis, arem2, lepet, dll.
Jadi anda bisa saja melaporkan hasil masakan lontong berdasarkan bahan dasar dan tampilan ( berbungkus daun ), atau pun kalau memang daun dirasa sulit ditemui ditempat anda, anda bisa menghidangkan lontong yg sudah dipotong.  Maaf JANGAN mengirim gambar lontong yg menggunakan plastik, untuk tidak merubah image dasar lontong sendiri dimata dunia, tapi pada prakteknya.. diperkenankan *smile*


5.  Inti sajian lontong

      A. Bentuk Hidangan
Bahan dasar berasal dari beras atau beras ketan, tidak berlaku untuk keturunannya, seperti tepung beras atau tepung beras ketan JA. Bahan dasar beras ini misalnya :

  • Ketupat sayur atau Lontong sayur misalnya : Lontong kari, lontong kupang, lontong balap dll 
  • Ketupat, leupeut atau lontong isi, isinya bisa oncom, tempe, sayuran atau daging, teman2  bisa berkreasi dengan isian lainnya  
  • Ketupat siram bumbu misalnya : Lontong / kupat tahu petis : Kupat yg disajikan dengan tahu dan disiram bumbu petis, untuk resep lengkapnya bisa diggooling ya  
  • Kupat tahu : disajikan dengan tahu goreng, rebusan toge, potongan mentimun dan disiram bumbu kacang 
  • ketupat dan sate : sate yg disajikan dengan potongan ketupat siram bumbu kacang  
  • Ketupat dan sayuran : Gado-gado, pecal dll 
  • Ketupat / lontong tabur : Ketupat / lontong tabur bumbu serundeng kelapa, serundeng kacang dll

      B. Bahan dasar beras ketan, misalnya :

  • Lupis : itu juga tidak tampil sendirian, tapi ada pendampingnya seperti gula kinca, dan parutan kelapa 
  • Lemper : bisa lemper isi ayam, daging atau sayuran
Yang saya sebutkan diatas hanya contoh lontong atau ketupat yg bisa jadi bahan utama sajian atau bisa juga jadi bahan pendamping dan bisa juga untuk snack ( seperti lemper ) yang mana beras dan ketan sebagai bahan bakunya, dan daun sebagai penunjangnya.
 
Jika di googling banyak sekali sajian lontong ketupat dari berbagai daerah di negara kita yg tercinta ini, jadi tugas kita lah untuk melestarikannya, dengan diadakannya event ini, salah satunya yang belum tahu bisa jadi tahu sajian lontong dan sejenis lontong asal dari daerah lain.
 

6. Setiap peserta harus mengirim laporan/posting yang terdiri dari :
     - cerita,
     - resep,  dan
     - foto
ke ncclontongweek@gmail.com. Laporan yang tidak dikirim ke alamat ini tidak akan kami ikutsertakan dalam event ini. 

Berikutnya laporan ini akan kami upload ke https://www.ncclontongweek.blogspot.com  Foto yang telah di upload ke blog , tidak dapat di gonta-ganti ya. Makanya, pastikan foto yang di kirim sudah yang terbaik dengan ukuran maksimal 70KB atau kurang lebih 450x300 pixel. Jangan lupa diberi WATERMARK, demi menjaga keamanan foto teman-teman semua dari hal yang tidak diinginkan. 



Jadi, tunggu apalagi? mari kita berkreasi.. 

salam lontong
Trio Wokeh

4 komentar:

  1. Maaf.... newbie untuk event week-week-an.... photo sizenya apakah sama dengan ketentuan di milis?

    BalasHapus
  2. photo size: ukuran foto maksimal 70 kb, atau kurang lebih 450 x 300 pixel....

    Jangan Lupa diberi watermark ya...
    dan kalau bisa, jangan anonim dong kalau bertanya heheheh....supaya memudahkan dan membuat nyaman komunikasi kita....terimakasih yaaa

    BalasHapus
  3. belom jadiiii jeng Elly Salman........sabar yeee....setor dulu yuukk!!!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...