Perkembangan snack Lontong&Ketupat


Beras atau beras ketan.....bungkus-bungkus daun pisang.....isi isi isiiii.......bisa juga kan dalam bentuk sedikit berbeda, untuk cemilan alias snack......tidak dilihat sebagai lontong, tapi tidak salah juga jika kita berpikir cemilan ini adalah modifikasi, variasi, kreatifitas atas adanya per-lontong-an....


----------------------------------------------------------------------------------
GOGOSO KAMBU BY HESTI HH


Dengan foto yang cantik, jajanan khas Makassar ini tampak semakin menggiurkan dan membuat ingin cepat mencobanya....

Trio hosts....ini adalah setoran pertamaku di ketupat lontong week, semoga masih ada waktu buat bikin yang lainnya ya ^^

Gogos adalah makanan khas dari daerah Makassar yang berbahan dasar
ketan dan santan. Cara mematangkannya dengan dibakar/dipanggang. Mirip mirip lalampa dari Menado tapi beda di isiannya saja yang tidak menggunakan santan agar bertahan lebih lama.

Gogos ada 2 macam, ada yang tanpa isian dimakan bersama telur asin dan
sambal. Biasanya gogos ini dijual di tempat tempat perbehentian bis karena umumnya disantap sebagai bekal di jalanan. Ada juga gogos kambu, yang kali ini aku bikin. 

 
Berikut resepnya yaa...

Bahan ketan :

  • 500 gr beras ketan putih, rendam 2 jam
  • 300 ml santan
  • 1 sdt garam
  • pandan

Bahan isian :

  • 2 ekor ikan tongkol ukuran sedang, bakar lalu buang tulang dan suwir
  • 1/4 biji kelapa parut (sangrai sampai kecoklatan, setelah dingin tumbuk agak kasar)
  • 3 sdm minyak untuk menumis bumbu

Bumbu halus :

  • 2 buah cabe merah
  • 5 buah cabe rawit (kalau suka pedas)
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • garam secukupnya
  • gula merah secukupnya

Olesan :

santan kanil+sedikit garam

Cara membuat :


~ Isian : 
panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan ikan tongkol suwir. Aduk hingga bumbu bercampur. Tambahkan sedikit air agar bumbu bisa lebih tercampur. Setelah air menyusut, masukkan kelapa sangrai lalu aduk rata. Masak sambil diaduk aduk terus sampai isian menjadi kering seperti abon. Matikan api. Sisihkan.

~ Ketan :
  • setelah ditiriskan, kukus ketan bersama daun pandan sampai setengah matang sekitar 15 menit. Angkat. Didihkan santan dengan garam dalam panci. Masukkan ketan, aduk sampai santan habis terserap habis. Kukus ketan kembali selama 30 menit hingga matang. Angkat.
  • Siapkan 2 lembar daun pisang. Daun yang masih muda untuk pembungkus bagian dalam.
  • Siapkan plastik agar ketika membentuk adonan ketan tidak melengket.
  • Sendokkan ketan dalam plastik. Padatkan dan pipihkan. Beri isian ikan. Tangkupkan dan padatkan.
  • Letakkan dalam daun dan olesi dengan santan kanil. Gulung. Semat dengan lidi. Selesaikan semua.
  • Siapkan bara atau kompor. Panggang gogos dengan api sedang sampai wangi. Bagian kulit agak kering tapi bagian dalam masih lembut.
  • Siap dihidangkan.

Demikian laporanku ya...


Salam manis

Hesti HH
http://hesti-myworkofart.blogspot.com/



----------------------------------------------------------------------------------

KETAN REBON GULUNG BY NICKE JJ

Cemilan ketan dengan rebon gulung??why not....itulah kreasi dari teh nicke jj yang bikin ngiler......

Dear Trio Woookeii..

ini cerita tentang beras ketan yang ada di lemari dapur...ngejogrok aja ga kebikin apa-apa, malem udah mulai di rendem, pagi mikir mau bikin apa..? terus inget sama nenek yang tinggal semasa hidupnya di perkebunan di daerah Sumatra utara..beliau sering bikin nasi di gelar padat di atas daun pisang, dikasih taburan tumis rebon yang super pedas, lalu di gulung layaknya Bolu gulung, teruss dateng deh tante-tante muda yang pada hamil..anjangsana ke nenek sambil nagih nasi gulung ini....hehehehe..

So this is it come to my brain...

Ketan Rebon Gulung
ala nicke yg laper

bahan :
500 gr beras ketan (rendam minimal 3 jam)
daun pandan
garem
santan kara 200-300 ml (tergantung beras ketannya)

cuci beras ketan, kukus dengan daun pandan. panaskan santan kara dan garam.. sementara itu angkat ketan yg sudah dikukus kurang lebih 10 menit, lalu aduk dengan santan tadi dan kukus kembali.

Tumisan :
1 siung bawang putih 
5 siung bawang merah
15 gerusan cabe rawit merah
2 ons rebon
daun kemangi
sereh 
daun bawang iris
tumis rebon hingga 3/4 kering, masukkan bumbu lainnya, lalu daun kemangi 

Siapkan daun pisang agak lebar..karena ukuran lemper lontongnya agak besar, gelar ketan yang masih panas tadi diatas daun pisang, padatkan hingga berbentuk kotak pipih, taburkan tumisan rebon, gulung seperti bolu gulung, bungkus padatkan, bakar
siap di sajikan..dengan gaya fushion di potong2.....taraaaaaa...

gitu mbak-mbak tri Wokeeiiii...
salam sayang dan peluk-peluk dari jauh
muaaaach..
----------------------------------------------------------------------------------

LEMPER MINI BY UMI LINTANG

Lemper mini atau pun ukuran normal akan tetap nikmat jika dibuat dengan cinta untuk keluarga, seperti buatan umi lintang ini..

Assalamualaikum...
Dear Trio Wokeh...saya mau ikut laporan ya di event NCC Lontong-Ketupat Week.Alhamdulillah...di detik2 terakhir masih ada kesempatan untuk berpartisipasi di event ini.
Kebetulan saat ini ada liburan tiga hari,saya sekeluarga ga pergi kemana mana...anak2 hanya dibawa main ke playground dan renang. Jadi untuk bekal anak2 saya buat aja lemper ayam,selain disukai anak2 dan suami penganan ini bisa untuk pengganjal kalo perut lagi lapar apalagi kalo habis berenang...:)
Saya bikin yang ukuran mini,supaya gampang maemnya untuk anak2...
Resepnya saya ambil dari buku Sedap " kue-kue layak jual ",sedikit di modif disesuaikan sama selera...
Berikut resepnya :
LEMPER AYAM MINI
Source : Buku sedap modif by uminya lintang
Bahan :
  • 400 gram beras ketan,direndam 2 jam
  • 200 ml santan dari 1/2 butir kelapa (ambil yang bagian putihnya saja, supaya menghasilkan santan yang putih bersih)
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 lbr daun pandan
  • daun pisang untuk membungkus
Bahan isi :
  • 250 gram daging ayam,direbus sampai lunak dan disuwir suwir halus
  • 1 lbr daun salam
  • 1 btg serai,dimemarkan
  • 1 1/4 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 200 ml santan dari 1/4 butir kelapa (ambil  yang bagian putihnya saja, supaya menghasilkan santan yang putih bersih)
  • 200 ml air kaldu (dari rebusan ayam)
  • 2 sdm minyak untuk menumis
Bumbu halus :
  • 5 btr bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar,disangrai
  • 3 btr kemiri,disangrai
Cara membuat :
  1. Untuk isi :  tumis bumbu halus,daun salam,dan serai sampai harum. Tambahkan daging ayam suwir,masukkan air kaldu tambahkan garam,gula dan sedikit penyedap ( bila suka ),aduk sampai berubah warna.
  2. Masukkan santan, aduk rata hingga kering,cicipi rasanya,sisihkan
  3. Kukus beras ketan 10 menit,sementara iyu rebus santan,garam,dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Masukkan beras ketan. Aduk sampai santan meresap. Kukus lagi selama 30 menit atau sampai matang.
  4. Setelah ketan matang selagi hangat ambil sedikit pipihkan dan beri isi. Bentuk lonjong lalu bungkus dengan daun pisang. Kukus kembali kurang lebih 30 menit supaya lebih tanak atau simpan ke dalam freezer jika belum ingin disajikan langsung.
Karena saya membuatnya mini,maka hasilnya kurang lebih 25 buah.
Selain daging ayam,isian juga bisa divariasikan dengan daging sapi atau abon,yang jelas anak2 dan suami suka dan menghindari anak2 jajan diluar rumah...:)
Terima kasih mbak trio wokeh,semoga laporan saya berkenan...
Salam ketupat-lontong
Wassalam
uminya lintang - adam



----------------------------------------------------------------------------------------------

LEPAT KETAN BY LISA SAN

Lepet ketan dihadirkan sebagai sajian sore menemani minum teh atau kopi sungguh sangat menggoda lidah..mantapp..

Halo Trio Wokeh,
ABG mau setor lagi untuk meramaikan event ini.
Belum pernah buat lepet sebelumnya, tapi dari waktu kecil lepet adalah salah satu jajanan favorit kalau pergi ke pastrad.

Setelah googling dan tanya sana sini, malam-malam beli janur di pasar,esok paginya mulai membersihkan dan janur dan membuang tulang janurnya (lidi). Awal-awal masih amburadul, tapi lama-lama bentuknya dah wokeh..

Berikut juga aku lampirkan step cara membuat bungkus lepetnya.
Tapi sedikit modifikasi

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
1kg beras ketan putih, rendam semalam, tiriskan
1 sendok makan garam
2 butir kelapa parut kasar
250 gram kacang beras, direndam semalam
30 lembar daun janur, dibuang tulang daunnya

Cara Pengolahan :
1. Campur ketan, kelapa parut dan kacang beras. Aduk rata.
2. Beri garam dan cicipi rasanya.
3. Ambil daun janur , lipat sesuai step.
4. Masukkan campuran beras ketan, Ikat dengan tali kasur / tali rafia.
5. Kukus 3jam diatas api sedang sampai matang.

Porsi untuk 50buah


----------------------------------------------------------------------------------

LEMPER AYAM ENAK BY AYANG

Melihat penampilan lemper yang cantik dan mulus ini sungguh mengugah selera..apalagi ditata apik tenan..


Ass wr wb..
dear Trio Wokeh..
Menjelang detik-detik terakhir penutupan event ini, ijinkan sy mengirim setoran.... *halaaah, bahasanya resmi begini..hehehe..

Tadinya aku mau bikin leupeut oncom yg pedes bgt, sebagai salah satu makanan tradisional khas daerahku, Bandung. Tapi ternyata, menggulung leupeut menjadi bentuk silinder itu ngga semudah yg dibayangkan..
Akhirnya, ganti deh sama lemper saja yg juga sudah lama ingin aku taklukan.. ;p

Rencana tinggal rencana, ternyata pas bikin lemper pun tetep ngga bisa dapet bentuk yg bagus :( .
Ya sutralah, akhirnya memutuskan lemper saja yg dikirim buat ikut meramaikan lontongweek ini..
Semoga bisa diterima dan bisa dapetin badge nya yg keren ituuhh.. :)

Ini resepnya,...

LEMPER AYAM ENAK
sumber : dr tetangga yg bakulan lemper :D

#ketan..
500 gr beras ketan, cuci bersih lalu rendam selama 3jam
500 ml santan dr 1butir kelapa
1/2 sdt garam

#Isi..
250 gr dada ayam rebus lalu suwir2
3 btr bawang merah
2 siung bawang putih
1sdm ketumbar
3lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
1 batang serai, memarkan
gula, garam, merica secukupnya ( rasa cenderung manis )
100 ml santan agak kental

Cara Membuat..

#Ketan..
Kukus ketan yang sudah direndam selama 20 menit, sambil rebus santan yg sudah dibubuhi garam. Setelah itu angkat ketan, masukkan santan yg sudah mendidih tadi. Aduk rata lalu kukus kembali selama 45 menit. Siap dipakai.

#Isi..
Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukan ayam yg sudah disuwir. Tambahkan daun salam, daun jeruk, dan serai, gula, garam dan merica lalu aduk rata. Tambahkan santan, masak sampai santan terserap dan agak kering. Angkat dan siap diisikan.

**Tips :
Ketan harus dipulung ketika masih panas. Dengan menggunakan daun atau plastik tahan panas, pulung2 ketan agar hasil akhir ketan menjadi pulen dan legit. Aku tadi ketannya dibulat2 dulu menjadi 30 bulatan yang sama besar, jadi pas digulung, ukuran nya akana sama besar.. Ketan dan isi nya harus dimasak sampai tanek agar tahan seharian..

Terimakasih yaa para host.. :)

salam,
~ayang~



----------------------------------------------------------------------------------

LEMPER AYAM BY ERU
 
Lemper dengan isian ayam dan wangi khas serai ... sudah bisa dibayangkan rasanya, sedap



LEMPER AYAM
by : Eru

Dear : Mbak Trio Wokeh

Alhamdulilah, kali ini tidak terlewatkan keinginanku untuk mengikuti acara ncc week yang bertema ketupat-lontong, yang merupakan makanan warisan khasnya negara kita tercinta.

Kali ini pilihanku membuat sajian snack saja yaitu lemper ayam, yang jelas snack ini pasti bakalan disuka sama seisi rumah terutama suamiku yang memang demen sekali dengan snack satu ini.

Lemper Ayam ini aku bikin dengan resep dari tabloid saji, dengan sedikit aku modif :

Bahannya :
200 gr beras ketan, direndam 1 jam lalu ditiriskan
1 lbr daun salam
1 btg serai, diambil putihnya dimemarkan
3/4 sdt garam
125 ml santan dari 1/4 butir kelapa
daun pisang untuk membungkus

Bahan isian :
2 buah paha ayam atas bawah *(aku pakai 1/4 daging ayam bagian dada, direbus sampai lunak lalu dipotong kecil-kecil/disuwir-suwir)
200 cc air kaldu
1 btg serai, ambil putihnya, dimemarkan
1 lbr daun salam
3/4 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
100 ml santan kental

Bumbu halus :
6 siung bawang merah
4 siung bawah putih
3 buah kemiri
1 sdt ketumbar

Cara membuat :
1. Isi : Tumis bumbu halus, daun salam, serai, sampai harum, masukkan daging ayam yang sudah disuwir-suwir. Tambahkan air kaldunya, masukkan juga merica, garam dan gula. Masak sebentar, lalu masukkan juga santan kentalnya. Masak sampai air terserap semua dan kering, tes rasa, sisihkan. 2. Kukus beras ketan selama kurleb 20 menit.
3. Rebus santan, daun salam, serai, dan garam sampai mendidih.
4. Masukkan beras ketan yang telah dikukus ke dalam santan yang telah matang, aduk rata dan biarkan santan terserap oleh ketan.
5. Kukus kembali selama kurleb 30 menit.
6. Saat masih hangat, segera ambil ketan kurleb 1 1/2 sdm, pipihkan kemudian beri isian, bentuk lonjong kembali.
7. Bungkus dengan daun pisang dan kukus kembali selama kurleb 30 menit (*biar tanak/matang sekali dan awet lempernya).

Hasil jadinya 9 buah, yang pasti rasanya lebih enak, gurih, dan yang jelas juga isiannya lebih banyak jadi lebih puas makannya.

Terima kasih mba Trio Wokeh, salam ketupat lontong

 
----------------------------------------------------------------------------------------------

BURASA GULUNG KASUR BY MEININA

Yang sering kita dengar adalah lontong dan ketupat, ternyata di Kalimantan dan Sulawesi makanan yang serupa Lontong dan Ketupat ini namanya Burasa hanya ada tambahan bumbu dalam cara memasaknya.


Hallo trio host lontong week yang wokeh..
Mumpung masih ada waktu dan pingin dapatin badge yang keren itu, aku mau setoran yah..
Aku nyetor Burasa Gulung Kasur, pasti teman2 udah tau dong Burasa, sering di jumapai di daerah Sulawesi dan kalimantan..

Nah, biasanya burasa itu kan di bungkus satuan, lalu di susun 2, di ikat, kayak kembar.. Yang aku sheree ini, burasa gulung, burasa ini hanya ada saat Lebaran, dan yang aku tau, hanya nenek aku yang bisa dan tau resep ini, sayangnya, lebaran tahun lalu mungkin terakhir kali kita bisa makan, krn nenek baru meninggal, dan belum ada anak atau cucunya yg mempelajari masakan itu..

Nah saat ada LW ini, aku jd terpacu, sebagai cucu yang baik hati dan tak sombong ini (halah..), ak harus bisa buat, dengan menerka-nerka resepnya,  walaupun mungkin tak akan sama, setidaknya aku coba.. Ini dia hasilnya.. Kata keluarga sih enaaaaaaaaaaak.. Mirip sama yang nenek buat.. Hehehee.. Insya allah, lebaran tahun ini masih bisa menikmati Burasa Gulung lagi, versi cucunya.. Hehee..

Burasa Gulung Kasur
Ala meinina

Bahan :
3 cup beras
3 cup santan kental (kara)
2 cup air matang
1 sdt garam
1 lembar daun salam
2 sdm gula
1/2 cm jahe parut
1 batang lengkuas keprek
2 btr bawang merah(haluskan)
1 btr bawang putih(haluskan)
Daun pisang muda cuci bersih
Tali rapia

Cara membuat :
1. Cuci bersih beras
2. Kukus beras selama 10mnt
3. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, hingga harum
4. Masukkan santan, dan air, masak hingga mendidih
5. Masukkan daun salam dan lengkuas, garam, dan gula
6. Masukkan beras yang sudah di kukus tadi.
7. Masak hingga santan terserap habis dan agak benyek.
8. Siapkan daun pisang, taruh adonan di tengah2 daun pipihkan memanjang, bungkus, dan gulung seperti menggulung bolu gulung, ikat.
9. Kukus selama 30mnt, angkat, diamkan hingga agak dingin, biarkan set..
Salam

Meinina

----------------------------------------------------------------------------------------------

LEMPER AYAM PANGGANG BY BUNDA INDRI

Lemper bakar enak, apalagi lemper panggang..pasti ga kalah seru sama rasa ayam bakar.. ehehhehe..lemper bakar maksudnya :)
 
Mau laporan event ncc ke trio wokeh kali ini pakai resepnya dari ibuku(pakai kira2 akhirnya di coba pakai ukuran)..plus dibantuin ngebentuk daunnya,punyaku berantakan ga sama bentuknya klu ibu yang bikin montok2 rapih

Aku maunya ada wangi daun aga kebakar..panggang aja pake si happyc**l. Enak walau ada lapisan kering disisi lemper...



Tararara..ini laporannya


Lemper panggang


 Bahan:
500 gr beras ketan, (rendam kurang lebih 2 jam,saring)
400 ml santan (200 ml dr 1/2 butir kelapa plus mixed santan instant..cuma itu adanya)
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 lbr daun pandan
1 lembar salam
1 batang sereh

Isi :

1 dada ayam rebus matang suwir-suwir (tanpa si kulit)
3 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
1 sdm air asam jawa
2 sdm minyak goreng
1 sachet segitiga santan kemasan
1 sdt kaldu ayam bubuk

1 lampit daun pisang


Cara membuat:

*ketan dirndam 2 jam,Setelah direndam ,ketan dikukus  (25 menitan)

Sambil menunggu kukusan buat Untuk isian Tumis bumbu yang halus sampai harum,tuangkan santan, ayam, salam dan daun jeruk, air asam, masak sampai matang dan santan habis,angkat


Lanjutkan Masak santan berikan garam,gula,pandan sereh,salam hingga wangi n mendidih lalu masukan ketan yang sudah dikukus..diaduk aduk sampai meresap kukus lagi hingga matang


Ambil daun pipihkan ketan yang sdh dikukus masih hangat isi lalu bungkus (ini bagian paling sering diomelin krn bentuknya jadi ajaib klu aku yang buat)

Oleskan minyak dilapisan luar daunnya..panggang sampai ada bagian daunnya agak layu (wuiih wangiiiii)


-----------------------------------------------------------------------------------
LEMPER POTONG BY JULIANA


tak ada bambu rotan pun jadi,,cocok sekali buat setoran kali ini,,tak ada daun pisang tetep laporan :))

Mau ikutan meramaikan lontong week nih. Saya mau laporan lemper potong ayam. Karena tidak ada daun pisang, jadi lempernya saya cetak di loyang dan dipotong saja. Hasilnya tetap yummy karena aroma rempah2 dalam lemper yang khas.

Resep saya pakai resepnya ibu Sisca Soewitomo.
Berikut resepnya :
Bahan :
300 gr Ketan putih
300 ml Santan kental
1 btg Serai
2 lbr Daun salam
1/2 sdt Garam

Bahan Isi :
1 Dada ayam, rebus dan disuwir
200 ml Santan kental
1 btg Serai
1 lbr Daun salam
3 lbr Daun jeruk
1 sdm Air asam jawa
1 sdt Garam

Bumbu Halus :
4 siung Bawang merah
4 siung Bawang putih
1 sdm Jinten
1 sdm Ketumbar
3 btr Kemiri
1 sdm Gula pasir

Cara Membuat :
1. Rendam ketan selama 2 jam, cuci bersih, tiriskan dan kukus 15 menit. Angkat. Rebus santan, daun salam, serai, garam, masukkan ketan, aron hingga seluruh santan diserap oleh ketan, angkat. Kukus ketan sampai matang.
2. Isi : tumis bumbu halus hingga harum, masukkan santan, ayam yang sudah disuwir, daun salam, daun jeruk, serai, air asam jawa dan garam. Masak sampai santan habis.
3. Olesi loyang dengan minyak tipis, masukkan setengah bagian ketan, setelah itu masukkan isian, tutup lagi dengan setengah bagian ketan sisanya. Kukus lagi selama kurang lebih 30 menit.
4. Keluarkan dari loyang, potong2 dan sajikan.
 
Salam lemper,
-Juliana

 
-----------------------------------------------------------------------------------------------
LEMPER AYAM BY TIRA

Ada beberapa setoran lemper ayam, tapi dengan resep yang berbeda, anda tertarik membuat nya silahkan dipilih yang lebih cocok diselera anda diantaranya resep yg disajikan mbak Tira dibawah ini


Dear Trio Host Wokeeh,
Mohon maaf Re-send.
Finally, setelah telp temen2 NCC dan nyari no hp Bu Endang, trus bbm Bu Endang dan adek saya, dan bolak balik ke warnet akhirnya foto saya bisa juga terkirim.
Tau knp yah telkomsel kok error banget yah, dr tadi siang ngga masuk2 laporan saya,
Akhirnya BBM adek utk kirim ke email saya, baru deh masuk.

Terus ke warnet buat cari watermark online, krn software watermark n edit ada di kompie kantor, kompie di rumah lg trouble.
Pfuihhh...akhirnya ngga sia2 kerja saya td pagi.
Terimakasih yah Bu Endang... :)

Terlampir foto laporan Lemper ayam utk event NCC lontong week.
Sebenernya dr awal dah ngga niat buat ikutan krn 3 minggu terakhir anak2 sakit, tiap weekend ganti2 an ke RS. Disamping itu krn orderan juga lagi full. Sakit2 an juga saya krn kecapekan, makanya hari ini setelah selesai semua dan anak2 sdh sehat, pengen bgt berpartisipasi, makanya dibela2in buat bikin.
So berikut terlampir resepnya.

Lemper Ayam
by Sedap, Kue Kue yg laris dijual
Bahan Kulit :
400 gram beras ketan, rendam 1 jam, tiriskan
2 lbr daun salam
2 batang serai, ambil putihnya, memarkan
1/2 sdm garam
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa (saya pake kara)
daun pisang ut membungkus

Bahan Isi :
2 buah (300gram) paha ayam atas bawah
(Saya pake 2 dada)
500 ml air
1 batang serai, ambil putihnya, memarkan
2 lbr daun salam
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
200 ml santan dari 1/4 butir kelapa (saya pake 100 ml kara + 100 ml air)

Bumbu Halus :
6 butir bwg merah
4 butir bwg putih
3 butir kemiri
1 sdt teh ketumbar
1/4 sdt jinten

Cara :
1. isi : rebus daging ayam, sampai matang, angkat ayam, suwir2 dagingnya da ukur 200 ml air kaldunya.
2. Campur ayam, bumbu halus, serai, daun salam, garam, mercia bubuk dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air kaldu.
masak sd meresap
3. masukkan santan. MAsak sd matang dan kering. Tiriskan dari minyaknya. dinginkan.
4. Kulit : Kukus beras ketan 20 menit. angkat.
5. Rebus santan, daun salam, serai, dan garam sambil diaduk sd mendidih. Matikan api. Tambahkan beras ketan. Masak sambil diaduk sd meresap. angkat.
6. kukus ketan 20 menit diatas api sedang sampai matang.
7. Ambil sedikit ketan. Piphkan, beri isi, bentuk persegi. Bungkus dgn daun pisang.
Menurut resep Jumlahnya : 20 pcs, tp saya hanya 16 pcs isiannya masih sisa utk 6 pcs lagi.
Terimakasih Bu Host.


warm rgds,
tira
08129542434




-----------------------------------------------------------------------------------

LEMPER AYAM GORENG BY TRESS


Cara yang berbeda untuk bikin lemper selain dibakar setelah proses pembungkusan, nah kalau yang ini dilakukan dengan cara di goreng dengan sedikit minyak


Selamat siaaang....:)
Masih belum ditutup kan LW nya..? Mau ikutan meramaikan ah...

Saya membuat Lemper ayam goreng:
Bahan :
 *1,5 kg Beras ketan
 * Santan  kental dari 2 butir kelapa
 * 6 sdm gula pasir.
 * 1 sdm garam

Bahan Isi :
  * 1 kg dada ayam , rebus lalu di suwir.
  * 5 siung bawang merah, haluskan
  * 3 siung bawang putih, haluskan
  * 5 lembar daun jeruk
  * Gula pasir dan garam secukupnya.
  * 50 cc santan kelapa kental.

Bahan lainnya :
Daun pisang, biting/tusuk gigi, daun pandan yg sdh di buang tulangnya di potong 10 cm.

Cara membuat :
*cuci beras ketan lalu kukus sampai matang
*campur santan, gula dan garam aduk rata, masukan ketan kukus aduk rata.
Cara buat isi : Tumis bawang merah, bwg putih sampai harum,masukkan daun jeruk dan santan aduk2 lalu beri garam dan gula pasir secukupnya.
Aduk terus sampai bumbu meresap dan airnya kering.
Ambil nasi ketan 2 sdm lalu isi dgn bahan isi. Bulatkan, lilitkan daun pandan lalu bungkus dengan daun pisang. Goreng lemper yg sdh di bungkus dalam kwali yg sdh panas, minyaknya sedikit saja. Goreng sampai harum.

Salam LW
Tress.

 
-----------------------------------------------------------------------------------------------
 
KETAN GULUNG BAKAR SERUNDENG BY NADIA

Event week NCC ini memang selalu menantang ya....sehingga yang jarang memasak pun tergerak untuk ikut serta, karen apunya simpanan resep yang yummy....sayang jika tidak dibagi...




Met malam trio wokeh dan nccers semua…
Di detik – detik terakhir ini izinkan saya untuk berpartisipasi dalam lontong week ini.
Sebenarnya udah pengen nyerah aja untuk ikutan lontong week ini. Habisnya masak aja jarang apalagi buat lontong. Buat dari bahan ketan lagi… hadoooh… ga kebayang deh. Secara makan ketan aja ga suka. Tapi semenjak ikutan Chinese food weeknya ncc udah niat pengen ikutan setiap event yang dibuat ncc. 
So, diantara dilema untuk buat dan menyerah akhirnya saya buka – buka kumpulan resep saya. Ahirnya pilihan jatuh kepada 3 resep. Setelah sekian lama melototi resep aja, akhirnya tadi pagi ngajak adik ke pasar. Beli semua bahan untuk 3 resep itu. Maruk yaa… hehehe
Siangnya dah mulai misahin bahan untuk setiap resep. Ternyataaa… kelapanya belum dibeli. Akhirnya sore baru mulai untuk resep yang paliiing mudah. Dan jam 9 malam baru kelar. Capeknya… huaawaaa… Ga bisa dibilang.
Sebenarnya ga ribet sih buatnya tapi… bakar arangnya ini. Belum lagi mata perih kena asap. Ampun deh. Tapi demi ikutan NCCLW akhirnya berhasil juga walau dengan tetesan air mata akibat asap arang. Hehehe
Btw, ini resep saya dapat dari majalah sedap edisi 5/XII/2011. Judulnya Ketan Gulung Bakar Serundeng. Udah ada yang buat belum ya??




Resepnya untuk 10 buah. Yaitu :
Bahan Ketan :
200 gram beras ketan putih, rendam 1 jam
50 gram kelapa setengah tua, parut kasar
1 Lembar daun pandan. 75 ml air
¼ sendok teh garam. Daun pisang untuk membungkus
Bahan Serundeng :
150 gram kelapa parut panjang setengah tua
3 buah cabe merah keriting, iris halus
5 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya
½ sendok makan ebi, seduh, sangrai, haluskan
¼ sdt garam. ½ sdm gula pasir
2 sdm bawang goring
Cara Buat :
  1. Serudeng : Sangrai kelapa parut, cabai merah, daun jeruk, dan ebi di atas api kecil sambil diaduk – aduk sampai kering. Angkat. Biarkan dingin.
  2. Tambahkan garam dan gula pasir. Blender halus. Tambahkan bawang goring. Aduk rata.
  3. Ketan : Kukus beras ketan selama 15 menit. Angkat
  4. Rebus air, daun pandan, dan garam sampai mendidih. Matikan api.
  5. Masukkan beras ketan dan kelapa parut. Aduk rata sampai meresap. Kukus lagi selama 15 menit sampai matang
  6. Ambil 1 lembar daun pisang. Pipihkan ketan. Tabur serundeng. Gulung sambil dipadatkan. Bungkus. Semat dengan lidi
  7. Bakar sampai harum
  8. Sajikan ketan baker dengan sisa serundeng
Tips * Blender serundeng dalam keadaan dingin
       
Kalo menurut saya, rasanya sih mirip seperti kue lemper Cuma beda bentuk aja sih.Tapi benar - benar mengenyangkan.

Maaf fotonya agak bebayang, habisnya pake kamera hp dan kalo goyang dikit aja pasti fotonya kurang bagus. Dan maaf juga kalo belum bisa rapi buatnya. Tapi dah diusahakan biar benean mirip gulungan :)
Selamat mencoba ya teman - teman

Salam

Nadia di medan


-----------------------------------------------------------------------------------
LUPIS KETAN SEGITIGA BY DIANA "NANA"

Lupis ketan memang nggak ada yang nggak suka deh ya....apalagi kalau bentuknya cantik, segitiga.....

NCCers,
ini laporan-ku untuk ajang NCCLW yang bergengsi... (wuiihh kayaknya bakalan dapet BADGE OSCAR NCCLW ku yang ke 3)
setelah nanya sama tetangga yang jago bikin Lupis ... taraaaaa akhirnya jadi juga Lupis Ketan Segitiga


Bahan :
  • 1/2 Liter Ketan (dicuci dan direndam selama 1 jam)
  • kelapa Parut + garam secukupnya (kukus)
  • Daun pisang (potong ukuran kurang lebih lebar 7 cm dan panjang 25 cm)
  • Biting (Lidi yg sudah dipotong kecil-kecil

Direbus :
  • gula merah 100 gr
  • gula pasir 2 sdm
  • Daun pandan

Cara Membuat :
1. Daun Pisang dibikin bentuk segitiga (seperti gambar kiri atas)
2. masukan 1sdm ketan, kemudian lipat lagi mengikuti bentuk segitiganya dan sematkan biting pada (seperti gambar kiri bawah)
3. kukus selama 15 menit
4. kemudian rebus dalam air mendidih selama 30 menit
5. angkat, tiriskan dan diamkan hingga dingin

Penyajian :
  • Setelah ketan dibuka, taburi dengan kelapa yg sudah dikukus.
  • Sajikan dengan air gula merah

Tips :
pada proses pembitingan terkadang kita kurang kuat, jadi sebaiknya juga diikat dengan tali rafia pada saat perebusan untuk menghindari bungkusan ketan pecah

semoga bermanfaat

salam Lupis ketan segitiga
nana
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TIMPHAN BU BY IIE LAMPUNG

Dari ujung Barat Indonesia, Aceh, ada juga makanan berbentuk seperti lontong dari beras ketan dengan rasa yang legit dan membuat kangen siapapun yang pernah mencoba. Iie mencoba menghadirkan resepnya disini untuk kita....

Selamat malam temans dan trio wokeh,

Laporan lagi ya, kali ini saya bikin cemilan khas aceh, namanya timphan bu. Cemilan ini sering saya bikin  kalo kangen dengan timphan bu ini, karena bahan-bahannya gampang di dapat di semua daerah. 



Langsung aja resepnya sbb.

Bahan:
  • 1/2kg beras ketan rendam 1 jam, tiriskan
  • 750cc santan dari 1 butir kelapa
  • 1 sisir pisang raja bulu, bagi 2 tiap pisang.
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • Daun pisang untuk membungkus, layukan sebentar di atas api


Membuat:
1. Masak beras ketan dengan santan, tambahkan gula dan garam, aduk-aduk sampe  
     kering. Angkat.
2. Ambil 1sdm adonan ketan, letakkan di atas daun pisang, isi pisang, timpa lagi dengan 
    adonan ketan, bungkus dan lipat ujung-ujungnya.
3. Lakukan sampai adonan habis.
4. Kukus timphan bu kurang lebih 30 menit/sampe matang.

Mungkin timphan bu ini punya nama berbeda di daerah lain. Lain daerah lain namanya, padahal bentuknya sama... Hehehe.




Selamat mencoba.

iie/lampung
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

BENJAK-ENJAK BY DEE RIZA

Tidak selalu makanan dalam keluarga lontong ini berupa masakan....banyak juga kan yang berupa jajanan seperti lupis. Yang kali ini jajanan khas dari daerah Lampung, yang mungkin tidak banyak orang tahu....






Malem NCCers, trio wokeh NCCLW
Anggota pasif pengen ikutan lagi nih event week NCC. Klo tidak salah, laporan-laporan untuk NCCLW ini kebanyakan yg gurih-gurih, yg manis belum terlalu banyak, kayaknya sih..heheheh..jadi coba cari resep yg manis. Pilihan jatuh ke jajanan lampung, cmiiw ya, namanya benjak-enjak. Resep diambil dari sini, cuma tadi aku modif dikit. Setelah baca resepnya jadi inget lapek sagan yg uni dewi tulis di web ncc, cuma bedanya benjak-enjak nih tidak pake kelapa parut.



Benjak-enjak by sedap modif by dee

Bahan:

  • 100 gram beras ketan putih, direndam
  • 67 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 3 buah pisang ambon, rajang kasar (tadi dapet yg rasanya masih rada manis kecut)
  • 60 gram gula merah sisir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 daun pandan
  • daun pisang untuk membungkus

Cara:
-Didihkan santan dengan pandan dan garam. 
-Masukkan beras ketan putih. Aduk sampai terserap. Angkat.
-Aduk rata beras ketan putih, pisang ambon, gula merah
-Ambil daun pisang. Beri adonan. Bungkus seperti lontong. Semat dengan lidi.
-Kukus 35 menit dengan api sedang sampai matang.

Untuk 5 buah 





----------------------------------------------------------------------------------


LUPIS KETAN HITAM JAGUNG BY MEINA

Beras atau beras ketan putih sudah biasa.....yang ini dibuat berbeda, dari beras ketan hitam dicampur jagung.....waaawww.......



Akhirnyaaa…hari ini berhasil juga mengalahkan tantang terbesar (males eksperimen…), sebelum mengalahkan tantangan berikutnya bikin lupis untuk laporan NCCLW. Idenya karena pernah liat di satu majalah kuliner, ketan hitam yg dihidangkan dengan taburan jagung manis pipilan di atasnya.  Tapi majalahnya dicariin, sampe kemarin gak ketemu juga.  Jadi gak tau itu
majalah judulnya apa..hehehe..


Untuk lupisnya aku pake resep dan metode mbak Nana, dengan keyakinan gak bakal gagal, karena udah nyicipin langsung hasilnya beberapa waktu lalu…


Aku bikin langsung 2 bentuk, satu yg lonjong seperti lontong dan yg bentuknya segitiga.  Kesulitannya cuma saat membungkusnya aja, yg harus kuat, supaya bungkusan gak terbuka saat direbus nantinya. Ternyata aku masih belum ahli bungkus membungkus neh, terutama yang segitiga...hehehe..


Awalnya aku sempat khawatir warna jagungnya akan ketutup atau “kelunturan” warna hitam dari ketannya.  Tapi ternyata, begitu jadi warna kuningnya masih tampak nyata. Rasanya? Sama seperti lupis lainnya, tapi ini ada tambahan sensasi rasa manis jagung…


Untuk resep, aku copas resep mbak Nana dan aku sesuaikan dengan modifikasku…

LUPIS KETAN HITAM - JAGUNG

Bahan : 

  • 400g ketan hitam (dicuci dan direndam selama 1 jam dengan tambahan air kapur sirih secukupnya) 
  • 4 tongkol jagung manis (pipil bijinya) 
  • kelapa setengah tua parut memanjang (singgat) + garam secukupnya (kukus)

Daun pisang
Biting (lidi yg sudah dipotong kecil-kecil

Sirup gula merah, rebus bersama :
-       gula merah 100 gr
-       gula pasir 2 sdm
-       daun pandan

Cara Membuat :
1. Siapkan daun pisang, potong sesuai selera
2. Tiriskan ketan, masukkan jagung pipilan, dan aduk rata.
3. Buat selongsong seperti selongsong lontong, semat salah satu ujungnya dengan biting. Masukkan campuran ketan dan jagung, isi sampai penuh.  Semat ujung satunya lagi dengan lidi.
4. Didihkan air dalam dandang, lalu kukus lupis selama 15 menit
4. Angkat, lalu rebus dalam air mendidih selama 30 menit
5. Angkat, tiriskan dan biarkan hingga dingin

Penyajian :
Buka bungkusan, potong sesuai selera, tata dalam piring.  Taburkan
kelapa parut yang sudah dikukus.
Tuangkan sirup gula merah secukupnya.

Semoga bermanfaat... 

Meina

http://dapursaga.blogspot.com/


 
-----------------------------------------------------------------------------------

LUPIS KINCA DUREN BY UMI NIRWANA







Penasaran bagaimana membuat lupis dengan bentuk segitiga cantik? coba simak resep dari Umi berikut ini....




Assalamuallaikum teman,,,,

Mau ikutan NCCLW ya, aku buat lupis segi tiga dan kinca duren. Ini percobaan pertamaku buat lupis segi tiga, alhamdulillah berhasil. Biasanya yang buat lupis kaya gini dan juga lontong adalah ibuku, aku cuma jadi penonton dan penikmat aja hehehe,,,, jadi resep di  dapat dari ibuku sendiri ya


Lupis kinca duren

Bahan lupis :
  • 2 ltr beras ketan, di rendam semalaman lalu di tiriskan
  • 10 gr atau 1 sendok garam
  • 2 pelepah daun pisang batu, di robek lebar 5 cm
  • 5 lbr pandan
  • Air untuk merebus

Bahan kinca :
  • 250 gr gula merah, di potong-potong2
  • 400 cc air
  • 10 gr tepung sagu, larutkan dengan 100 cc air
  • 1/2 sdt garam
  • 50 gr daging duren
  • 1/2 sdt bubuk kayu manis
  • 2 lbr daun pandan

Bahan pelengkap :
  • 1/2 butir kelapa muda parut
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat :

1. Lupis
Beras ketan di campur dengan garam, diaduk rata lalu di masukan sampai penuh ke dalam daun pisang di lipat segi tiga (jangan sampai ada bolong di sudut-sudutnya) di rebus bersama daun pandan selama 2 jam, setelah matang lupis di pencet pelan pakai ulekan biar air di dalam bungkusan daun keluar dan lupis bentuknya segitiga bagus, lalu di taruh di saringan kelapa dari bambu dengan posisi berdiri ( agar tiris ).

2. Kinca duren
Campur Gula merah, air, garam masak sampai mendidih, angkat lalu saring kotorannya, masak lagi air gula campur dengan daging duren, daun pandan dan bubuk kayu manis, setelah mendidih masukan larutan sagu, aduk sampai mengental lalu angkat

3. Bahan pelengkap
Kukus kelapa ( agar tidak cepat basi ) selama 10 menit, angkat dan campur dengan garam

Sajikan lupis di balur dengan kelapa dan siram dengan kinca,,, siap di nikmati sore-sore di temani kopi atau teh pahit,,,mantaaaaap

Semoga nggak bingung bahasanya ya

Umi

-----------------------------------------------------------------------------------

LEMPER AYAM BY HESTI 

Lemper ayam dengan cita rasa yang khas?? ini dia..setoran dari mba hesti ini menghadirkan lemper ayam dengan cita rasa yang unik.. ga percaya?? buktikan sendiri..



Dear Trio Host,
Saat membaca laporan teman milis tentang makanan waktu kecil, aku jadi ingat lemper ayam, jadi pengen bikin lemper ayam sendiri. Apalagi saat ini sedang ada event lontong week NCC, jadi bisa dibuat entry.

Lemper ayam adalah kudapan yang sering dibuat ibu sejak aku kecil sampai gede, yah, sampai aku memutuskan merantau lah ... Apalagi, ibu suka menerima order snack box kalau ada acara rapat/pertemuan kantor, atau cuma untuk acara pengajian, kumpul keluarga, atau bekal piknik. Nah, tugasku adalah membungkus lemper-lemper tersebut, apalagi kalo harus dibungkus kembali dengan daun pisang. Kata ibu, bungkusanku rapi dan seragam. Jadilah aku dikaryakan. Setelah adonan siap, Ibu dan asisten di rumah akan mengepal-ngepal adonan lemper dan isinya, sedangkan aku membungkusnya dengan daun pisang dan menyematkan lidi. Pegel juga sih, apalagi kalo jumlahnya sampai ratusan, hahaha ...

Nah, kadangkala, ibu membuat versi tanpa dikukus, jadi setelah dikepal, hanya dilapis daun pisang, kemudian dibungkus plastik bening. Atau dibungkus plastik bening dulu, baru dililit daun pisang (tanpa disemat lidi). Sekali waktu kalo mesti bikin lemper dalam jumlah sangat banyak, maka lemper akan dicetak di loyang dan dipotong-potong, namanya lemper potong. Caranya, loyang di alasi plastik yang sudah diolesi minyak. Adonan ketan diratakan di loyang tsb, di atasnya diberi adonan isi, kemudian ditutup adonan ketan kembali dan dipadatkan, baru dipotong-potong. Nanti setiap potongan dibungkus plastik bening.

Nah, sembari mbungkusi lemper itu, aku cuka cemal-cemil baik ketan maupun ayamnya, enak banget, apalagi masih hangat, haruummm ...

Berbekal ingatan masa lalu, aku coba browsing resep lemper ayam. Sebenarnya pengen nanya resep ibu, tapi karena ibu sedang terbaring sakit keras, maka ga mungkin aku mewawancarai beliau. ya sudah, aku coba mencari resep yang kira-kira mirip dengan rasa yang dulu aku rasakan. Ketemulah resep dari mbak Astri Keluarga Nugraha. Ternyata memang benar. Aroma rempah dari adonan ayam, membuat adonan ketan makin harum. Lemper oh lemper ...

Lemper Ayam
Keluarga Nugraha

Bahan Ktan
500 gr beras ketan, rendam selama 2 jam
350 ml santan kentan
4 lbr daun salam
1 batang serai, memarkan
1 lbr daun pandan, sobek-sobek
3 lbr daun jeruk, sobek-sobek
1/2 sdt garam

Bahan Isi
300 gr ayam tanpa tulang, rebus, suwir-suwir
3 lbr daun salam
5 lbr daun jeruk, sobek-sobek
200 ml santan kental
20 gr asam jawa dilarutkan dalam 50 ml air panas
4 sdm minyak goreng

bumbu halus
10 siung bawang merah
6 siung bawang putih
6 kemiri sangrai
2 sdm ketumbar bubuk
1 sdt jintan
5 sdt gula pasir
2.5 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk

Cara Membuat
- Kukus ketan selama 15 menit
- Rebus sisa bahan sampai mendidih, masukkan ketan, masak sampai santan terserap.
- Kukus kembali ketan sampai matang.
- Isi: tumis bumbu beserta daun salam, dan daun jeruk sampai harum.
- Tambahkan santan, air asam, dan ayam suwir. Masak sampai santan habis, angkat.
- Ambil 1 kepal ketan, pipihkan, isi dengan adonan isi. Bungkus daun pisang. Sematkan lidi.
- Kukus kembali agar tanak.

Hasil: 25 lemper kecil
 


Salam lontong,
Hesti


-----------------------------------------------------------------------------------


LEMPER POTONG TUMIS TUNA PEDAS BY AYU PURWANA


Lemper isi ayam aja nimat banget apalagi laporan yang ini, tumis tuna pedas dengan hasil akhir lemper disangrai..hmmm aromanya pasti muanteppp bangettt...jadi ngilerr niyhh..





Hallo Trio Woooookeehh.....

ABG yg tadinya klemat klemut ini mikirin mau sumbang apa buat event ter-anyar, akhirnya memutuskan untuk bikin Lemper Potong aja karena mengingat gak bisa bikin lontong yg bentuknya cakep dan waktunya mepet bener ama kerjaan yang lain hihihi *sok sibuk*

Lemper jenis potong ini aku adaptasi resepnya dari blognya Mbak Elly Salman
http://elly-salman.blogspot.com/2010/10/lemper-potong.html
*mohon ijin-nya ya mbaaa* tapi aku modifikasi isiannya dengan Tumis Tuna Pedas.

Begini resepnya :

Alat2:


  • plastik untuk membalut lemper yg udah didaunin
  • selotip
  • pisau yang tajam ntuk memotong lemper
  • cetakan segiempat (bisa loyang ato tupperware)

Bahan:
  • daun pisang untuk membungkus
  • 1/4 kg ketan
  • 2 kaleng tuna (aku pakai Tuna Flakes in Oil)

Bumbu isi:
  • 2 siung bawang putih
  • 300 ml santan kental
  • 1 batang sereh
  • 3 daun salam
  • 5 buah cabai rawit setan (yang warnanya orange itu loh maksudnya)

Cara membuat:
  • rendam ketan 2 jam sebelum ditanak. Tanak dengan 300ml santan, sereh dan daun salam n sedikit tambahan air agar ketan tak terlalu keras..lebih lunak lebih enak, jangan lupa beri 1/2 sdt garam. Aduk terus selama