Selasa, 20 Maret 2012

Lemang Kukus by Mom Elly

Lemang bakar aja nikmat, gimana jika lemang dikukus?tentu saja mempunyai rasa dan aroma khas yang beda dengan dibakar...nyam..nyam..
 
Selamat pagi Trio Host wokeh n NCCers tercinta,
 
Mo laporan neh... mumpung masih semangat 45...

Niat untuk membuat lemang kukus ini sebenarnya sudah sejak awal gong NCCKLW digaungkan. Tapi selalu saja terkendala. Bahkan untuk kali ini juga nyaris gagal lagi.......bahan-bahan seperti beras ketan, daun pisang dan kelapa sudah aku beli hari Minggu kemarin. Secara rencana aku mau masak rendang...hmmm pasti enak dimakan dengan lemang kukus. Sayang akhirnya rencana berbelok jauh...ketimbang membuat lemang kukus aku malah beralih membuat pratha....hahaha...enak kan dimakan dengan rendang basah...suer enak loh makan rendang basah ama pratha. Alhasil menganggurlah bahan-bahan yang ada.
 
Tapi mamaku ga kalah sigap ya...Selasa sore dikukuslah beras ketannya...maksudnya supaya langsung aku masak tuh lemangnya... Pulang kerja aku terima laporan mama...ketan sudah mama kukus...daun sudah dilayukan...kalo mau bikin lemang tuh tinggal proses aja...apakah langsung aku bikin...tentu tidak...secara mood lagi ga ngumpul en bentar lagi mau ngaji...kelar ngaji dilanjut nonton film korea....hingga akhirnya aku ngantuk en pergi tidur...tapi sudah diniatin bikinnya besok pagi.
 
Seperti biasa alarm tubuh...kalo ada niat mo masak pasti deh langsung aja bekerja. Yang ada kebangun jam 3 pagi....woaaahhh masih pagi bener...kasian ama keluargaku kalo aku masak...ntar berisik...tunggu jam 5 aja deh...so kejadian deh....akhirnya lemang kukus jadi dibuat...dan bisa dinikmati untuk sarapan pagi ini...
 
Untuk yang berminat....berikut resepnya...
 
foto ala kadarnya..hehehe...
 
Lemang Kukus
 
Bahan :
1 liter beras ketan, cuci bersih, rendam selama 1 jam, tiriskan
500 ml santan kental dari 1 buah kelapa yang besar
1 sdt garam (sesuai selera)
4 lembar daun pandan
daun pisang secukupnya, layukan dan lap hingga bersih
tusuk gigi secukupnya
 
 
Cara membuat :
  • Kukus beras ketan dan daun pandan hingga 3/4 matang. Angkat lalu masukkan ke dalam wadah (baskom).
  • Masukkan garam ke dalam santan, aduk hingga tercampur rata. Lalu tuang santan ke dalam wadah ketan tadi. Aduk hingga rata. Biarkan hingga santan menyerap.
  • Bagi adonan ketan menjadi 5 bagian yang sama banyak. Kemudian bungkus dengan daun pisang. Semat ujungnya dengan tusuk gigi.
  • Kukus lemang selama 1 jam. Angkat. Sajikan hangat dengan rendang atau srikaya.
 
 
Hugs ala Panda
        ~*~ Elly ~*~
http://momelly-corner.blogspot.com
http://twitter.com/momElly

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...