Minggu, 25 Maret 2012

Nasi Panggang Oriental by Debby


Nasi Panggang Oriental, kalau melihat cara pembuatannya seperti nasi bakar juga hanya cara akhirnya saja yg berbeda  dan bahan dan rasanya lebih ke oreintal, so tetap masih ada dalam keluarga ketupat dan lontong.



Met malam Trio Wokeh…
Dah lama pengen nyoba bikin n ikut serta di even NCCLW ini,..tapi berhubung memang aku jarang pegang yg namanya makanan berat…(kue muluuuuu saban hari).. jadi selalu pikiran nggak sejalan sama kaki n tangan :)  bikin enggak..bikin enggak ya ??….

Tapi tadi pagi saat dapat kabar sudah detik detik terakhir menjelang penutupan..tiba2 seluruh indra merasa spt harus bergerak, like or not… 

So, disesuaikan dengan keadaan diriku yang jarang punya banyak stok bahan utk masak (180’ terbalik ma kue kue heheheh).. maka kucarilah resep yang so simple dengan bahan yang ada di kulkas n lemariku… khususnya yang g pernah beli ya daun pisang itu..kuganti dengan aluminium foil ;)

Dan ternyata saudara-saudara… saat kucoba mengingat ingat… sejujurnya sudah setahun ternyata diriku ga turun ke dapur utk masak…(ya ampuunnn ..g nyangka sudah selama itu)..

Even ini bener2 telah memaksa si pemalas masak turun gunung ;) …
N saat kucoba menjalaninya…ga nyangka aku sangat menikmati… terutama saat mulai membungkus si nasi utk dipanggang… hmmmmm… kayaknya aku bakal ketagihan nih..:)
Okey deh, cukup dengan intronya..
Ini dia resepku yang simple itu:

NASI PANGGANG ORIENTAL 
ala Debby ‘NK

Bahan nasi :
Beras 500 gram
1 bungkus bumbu instan “oriental curry”
½ sdm garam
Air bersih seukuran 2 jari diatas beras

Bahan isian :
A.
2 paha ayam, ungkep sampai matang, potong potong halus.
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
5 buah cabe merah
10 buah cabe keriting
Jahe 1 cm
1/2 sdm garam
Sedikit penyedap rasa
Sedikit gula (atau sesukanya)
Minyak sayur
B. Telur asin 3 butir, kupas dan iris dengan benang sampai masing masing menjadi 3 bagian.

Cara membuat :
Nasi :
- Cuci beras sampai bersih, sisihkan
- Campur +/- 300 cc air bersih dengan bumbu instan dan garam.
- Masukkan ke panci yang sudah berisi beras, tambah air sampai mencapai 2 jari diatas beras
- Masak nasi sampai airnya habis
- Sembari menunggu air di nasi habis, panaskan kukusan. Setelah air di nasi habis dan air di dandang mulai mendidih, pindahkan nasi ke kukusan.
- Kukus nasi sampai matang, angkat.

Bahan isian :
- Haluskan semua bumbu, tumis.
- Masukkan garam, gula dan penyedap rasa, aduk. Setelah harum, matikan api, masukkan ayam dan aduk sampai tercampur rata. (Sebaiknya sisakan sedikit tumisan bumbu utk final touch saat penyajian dan makan, sayangnya aku lupa melakukannya ..   :( yaah..maklum aja jarang masak sendiri…:P 
Penyelesaian, bagian yang paling kusuka :)  :
- Panaskan oven 180” C
- Sediakan plastik tahan panas dan aluminium foil. Masukkan 1 sendok besar nasi ke plastic, padatkan. Masukkan 1 sdm bahan isian dan telur asin. Tambahkan diatasnya nasi lagi 1 sendok besar. Padatkan kembali.
-  Pindahkan nasi ke atas aluminium foil dan bungkus sambil dipadatkan.
- Panggang dalam oven selama 7 - 10 menit, angkat, sajikan dengan sisa bahan tumisan (tanpa ayam) – (di fotoku nggak ada lagi krn kupake semua utk bahan isi,  kelupaan xixixixi..)

Salam Nasi Panggang ;)

Debby ‘NK
http://www.myangelcakencookies.blogspot.com/
http://www.my-angel-cake.com/




Nasi Bakar Wangi by Theresia Yenny
Perpaduan wangi dari daun serai, salam dan kemangi menjadikan nasi bakar ini berkesan  punya rasa yang unik..



Malam Trio Wokehhhh......ABeGeh mau laporannn. walaupun dengan napas tersenggal-senggal karena sebentar lagi Gong berbunyi tanda berakhirnya NCC lontong week. Disela-sela balitaku rewel karena batpil, bikinlah menu nasi bakar untuk disetor biar dapat badge super keren.

Nasi bakar ini saya namakan Nasi Bakar Wangi. hehehhehe, karena memang wangi serai, daun salam dan juga kemangi. Resep terus terang bener-bener ngawur, hanya pakai ilmu kira-kira saja sambil mengingat saat-saat ibuku membuat arem-arem

NASI BAKAR WANGI
ala Pawon Magnolia
Bahan Nasi :
600 gr beras, dicuci dan tiriskan
1000 ml santan dari 1 butir kelapa
8 buah serai dimemarkan
6 lembar daun salam
1 bungkus Masako
1 sdt Garam
Daun Pisang untuk membungkus

Bahan Isi :
200 gr daun melinjo
8 ikat kemangi (ikatan kecil)
3 buah smoke chicken (karena adanya stok di kulkas hanya ini, bisa diganti yg lain)
150 gr teri nasi, digoreng kering
5 butir bawang merah, diiris
5 siung bawang putih, diiris
4 buah cabe diiris
Cabe rawit utuh untuk isian (jumlah sesuai selera, bisa diskip)
1 bungkus masako

Cara Membuat :
Didihkan santan bersama daun salam, serai, garam dan masako.
Setelah mendidih, masukkan beras. Aduk-aduk sampai santan meresap. Matikan api, biarkan kurang lebih 15 menit dan menjadi nasi aron.
Panaskan panci untuk mengukus, lalu masukkan nasi aron dan kukus hingga matang.

Membuat Isi : Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum lalu masukkan cabai iris, daun melinjo, daun kemangi dan potongan smoke chicken.
Masukkan masako dan tumis sampai matang.
Campurkan teri nasi yang sudah digoreng ke dalam nasi, aduk rata.
Ambil daun pisang, taruh nasi, isi dengan tumisan sayur dan cabai rawit utuh (jika suka), lalu tutup lagi dengan nasi. Gulung seperti membuat lemper tapi ukuran besar. Semat ujungnya dengan tusuk gigi.
Kukus sebentar, kurang lebih 15 menit
Jika ingin disantap, bakar nasi memakai teflon atau panggangan. Enak disantap selagi hangat


1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...