Minggu, 25 Maret 2012

Rujak Mie by Ani Verdiyanti


Masakan khas Tanjung Uban, Bintan.....mungkin jarang orang kenal ya.....nah di event ini kesempatannya memperkenalkan masakan-masakan khas tradisional.....








Dear mbaks Trio Wokeh, ABG mau ikutan Lontong and Ketupat Week ah. Sebenarnya Minggu lalu sudah masak Rujak Mie ini, sudah difoto pakai kamera DSLR di Studio Mini tapi ternyata ketika mau ditransfer baru sadar kalau USB kamera saya hilang, mungkin tertinggal di hotel di Bali karena sebelumnya mendampingi murid2 Study Tour kesana. 


Akhirnya hari ini masak Rujak Mie lagi, foto sekedarnya aja pakai Bb Torch.  Yang senang sepupu2, ncing, mamang, karena ikut kebagian, hehe.. Maklum, tinggal di kampung, rumah saudara deketan smua,  jadi kalau masak yang aneh2 and banyak hasilnya (sayang gasnya kan kalau bikin Ketupat cuma sedikit), apalagi difotonya dihalaman rumah, kudu bagi2!


Kenal masakan Rujak Mie ini saat menetap di Tanjung Uban pulau Bintan, KePri. sempat aneh juga dengernya, Mie kok dirujak. Oh ternyata bumbunya sama aja seperti gado2/ketoprak, bedanya bukan pakai bihun melainkan mie basah, tapi taburan Seledrinya itu lho yang bikin segar!




Ini Resepnya:
Ketupat
Isi selongsong Ketupat sampai 1/2 bagian dengan beras yang telah dicuci bersih, rebus menggunakan panci presto 60 menit, dinginkan/angin2kan dengan cara digantung


Rujak Mie (utk 5 porsi)
Rebus Cabai merah dan rawit sesuai selera tingkat kepedasan
Siram 1/4 Mie basah dengan air panas mendidih, aduk2 tiriskan
Siram 1/4 Tauge dengan air panas mendidih, aduk2 tiriskan
Goreng 5 Tahu kuning atau Tahu Bandung (kalau tidak ada, boleh pakai Tahu Putih)
5 siung bawang putih
1 ons Kacang Tanah, goreng
Gula Merah, secukupnya
Garam secukupnya
Air Asam Jawa,


Taburan:
1 ons Kerupuk Merah, goreng
Seledri secukupnya, iris halus
Bawang Merah goreng, secukupnya


Cara membuatnya:
Ulek Cabai & bawang Putih dengan garam sampai halus, masukkan kacang tanah dan gula merah, haluskan lagi, tambahkan air Asam Jawa sampai tingkat keencerannya pas. aduk rata dan Cicipi.
Masukkan potongan Ketupat, Tahu, Tauge dan Mie, aduk rata. Sajikan dengan taburan Seledri, Kerupuk dan bawang Merah goreng, tambahkan kecap manis bila suka.
Selamat Menikmati!


Ani Verdiyanti







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...