Minggu, 11 Maret 2012

Lontong Kampung aka Bubua Samba Gulai Paku Udang by Eny Lampung



Lontong kampung aka Bubua Samba gulai Paku udang pasti muantappp bangett rasa...siapapun yang liatttt..jadi pengenn ngecessss...


Dear Trio Host Wokeh nan ca'em...dear member NCC...dear penikmat lontong...Selamat hari minggu...:)

Member pasif pengen ikutan NCCLW yah...:)

Sudah lama pengen setor..waktu itu sudah sempat buat lontong kampung ini, sudah difoto step by stepnya..eh, kok hasil akhirnya gak sempat foto karna keburu...habis..:D

Bu host udah mulai "melotot" liat aku blom ikutan setor..hihihi..

Jadi, akhirnya tadi malam buat lontongnya...dan baru dinikmati siang ini..:)

Lontong Kampung atau di kampung aku, Bukittinggi dan sekitarnya, pasti tau deh yg namanya Bubua Samba ini...bukan sok mau ke brazil-brazilan, atau ada hubungannya dengan brazil..cuma, orang minang bilang Sambal itu ya Samba...hehehe..


Entah kenapa dibilang Bubur, wong bisa dipotong kok..walopun gak keras kayak ketupat...:) dan juga, tidak memakai daun, hanya dituang diatas talam (nampan besar dari kaleng). Kalo aku pake pyrex ajalah...:)) gak punya sih.


Pelengkap yg paling ngetop kalo dijual di kampung, kalo gak Gulai cubadak (gulai nangka) Gulai Rabuang (gulai rebung) atau Gulai Paku (gulai pakis) *hihihi, bukan paku yg sebenarnya yah?*


Siang ini, aku nikmati bubua samba ini dengan Gulai Paku..harusnya sih ada taburan keripik balado..tapi, gak nemu juga yg jual....sesiang ini...:p





Oh iya..ini dia resepnya..


Bubua Samba :


Bahan :

300 gr beras pera
3000 ml air
2 sdm garam
6 sdm air kapur sirih

Beras dicuci bersih, kemudian di masak dengan air dan garam sampai beras hancur dan airnya menyusut. Masukkan air kapur sirih, aduk sampai rata. Jika air sudah benar2 menyusut, boleh dituang ke dalam wadah tahan panas. Dinginkan.

Lebih baik membuatnya pada malam hari. Sehingga pagi hari sudah set, siap potong.

Bahan gulai paku


2 ikat sayur paku/pakis potong2

6 ekor udang /atau rebon juga boleh.

Bumbu halus

5 buah cabe hijau
6 buah bawang merah
3 buah bawang putih
4 butir kemiri
5 cm lengkuas
3 cm jahe
2 cm kunyit

2 lembar daun jeruk

1 lembar daun salam
1 buah serai dimemarkan
1500 ml santan dari satu butir kelapa.
Minyak untuk menumis

Caranya :


Tumis udang sampai berubah warna, masukkan bumbu halus dan daun2an tumis sampai harum. Matikan. Masukkan ke dalam santan.


Masak santan berbumbu sampai matang. Sajikan dengan kripik balado sebagai pelengkap.


*note : jika memakai rebon, maka tumis dahulu bumbu halus, baru masukkan rebonnya.



Semoga cocok yah...;)


Salam

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...