Selasa, 27 Maret 2012

Lontong Daun Pisang Kuah Padang by Elly Salman


Nyari daun pisang kayak nyari emas disini...
Bukan apa..ada sih kelihatan dirumah beberapa orang...
tapi nggak kenal n rumahnya tutupan mulu..
Ada yang bilang ada dipasar ..tapi dah beberapa kali kepasar jawaban nya selalu sama...tak adeee... huhuhuhu..

Akhirnya aq tanya ma tetangga sebelah...dia bilang ada tuh dirumah tetangga kita yang lain..hihihihi..heran kok aq bisa nggak kiatan yak...
Jadi dengan penuh semangat 45 aq kerumahnya dengan membawa pisau..maksudnya supaya nggak ngerepotin lagi..yang ada aq malah kelihatan seperti mau ngerampok hihihi..ketok2 rumah orang sambil pegang pisau hadoooyyy...sungguh perjuangan beneer untuk mendapatkan daun pisang ini...

Maka..makaaa..dengan segala perjuangan n airmata....
jadilah lontongku...walo ada sebagian yang kelembekan n ada sebagian yang kekerasan namun tetap ada juga yang cakeeep bin mulus hihihi...
ni fotohnya ya...maaf rada2 buyem ah...maklum siabah nggak ada..aq rada ribeet pake kamera DLSR ni..mending foto pake hape kali yaaa...hiks..

Kuahnya aq pake kuah lontong kacang panjang n udang juga aq buatin sedikit rendang pedes untuk pembuka seleranya

Ini resepnya:
Resep Lontong :

Bahan:
500gram beras, cuci bersih dan tiriskan
Daun Pisang
Lidi untuk menyemat
Cetakan Lontong

Cara :
Ambil daun pisang bentuk gulungan ke dalam cetakan lontong lalu sematkan lidi pada ujungnya dan tutup salah satu ujung cetakan.
Masukkan beras ke dalamnya hingga 1/4 panjang tabung cetakan, semat dengan lidi dan tutup ujung cetakan.
Tata dalam panci, tuangi air hingga lontong terendam. Rebus hingga 3-4 jam. Jika lontong sudah matang, angkat dan tiriskan.

Kuah lontong kacang panjang udang
bahan:
^ 150 gr kacang panjang potong miring2
^ 1 bh wortel segar potong kotak2 kecil
^ 250gr udang ukuran sedang buang ekor n kepalanya dgn cari menariknya begitu saja *males mode on
^ 10 bh cabe merah pedas, 6 bawang merah besar, 5 siung bawang putih, 2 cm jahe, 1 cm kunyit,2 bj kemiri n 2 cm lengkuas, 
^ 5 gelas santan cair dari 1 buah kelapa
^ 2 lembar daun salam n 2 batang serai geprak

Cara:
^ blender halus sekaligus, cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit n kemiri.
^ panaskan dipanci sekalian dengan santan, aduk pelan2 sambil masukkan lengkuas, yg digprak, daun salam n serai
^ bila sudah mendidih masukkan udang n wortel lalu aduk lagi...jangan sampai pecah santan ya..
^ terakhir masukkan kacang panjangnya dan garam secukupnya

Untuk Rendang ini resepnya
bahan:

^ 1kg daging sandung lamur dipotong tipis2 ikut alurnya( eh tau nggak daging lembut untuk rendang ini disini namanya daging batang pinang loh hihihihi...lucu ya..)
^ 3 gelas santan kental dari 2 buah kelapa
^ 10 cabe merah, 10 bawang merah, 5 bawang putih, 2 cm jahe, 2 cm lengkuas, 1 sdm ketumbar
^ 2 lembar daun kunyit, 2 lembar daun salam, 2 batang serai, 5 lembar daun jeruk purut n 2 keping asam kandis
^ garam secukupnya

Cara:
^(aq buat yang bumbunya tanpa tumis ya..karena kata ibu ku beginilah yang original rendang padang...so ..) panaskan santan didalam kuali, masukkan cabe merah, bawang merah, bawang putih, jahe n ketumbar yang sudah diblender halus, masukkan daging n aduk terus
^ masukkan semua daun2an n asam kandis juga tak lupa garam..aduk pelan2 terus hingga mengental n menghitam (inget ya ngaduknya pelan2..kalo nggak nanti daging jadi hancur lho)
^ rendang siap dihidangkan n dimakan bersama lontong kuah padang tadi dengan ditabur sedikit bawang goreng tentunya..
selamat menikmatiii


^ Hidangan ini aq dedikasikan untuk semua teman2 n keluarga juga NCC tercintah yang menyelenggarakan NCC lontong week. Terimakasiiihh...:)
^ Makasih wassalam...

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...