Minggu, 25 Maret 2012

Nasi Bakar by Lidya Dewa


Menjelang tengah malam, tapi gak berkurang loh kerja kerasnya demi ikutan event NCCLW ini.....dan hasilnya pun tampak lezaaatt...



Tinggal 2 jam lagi event lontong week NCC akan ditutup tapi ga mau ketinggalan dapet badge lontong week. Kemarin disempatkan bikin nasi bakar yang masih termasuk keluarga lontong dan ketupat. Sebelumnya sudah pernah beli nasi bakar untuk perbandingan. Kali ini nasi bakar yang dibuat tentunya dengan resep dari NCC. Untuk isiannya digunakan ikan tongkol karena saya dan mertua termasuk penggemar ikan tongkol karena tidak terlalu asin. Biasanya cuma dimakan dengan nasi putih hangat saja, kali ini dengan nasi bakar yang gurih pasti lebih istimewa. Berikut resep dan tampilannya.

Nasi Bakar Tongkol
resep NCC modified by Lidya

Bahan Nasi:

    500 gr beras, cuci, tiriskan
    ½ sdm garam
    3 lbr daun salam
    2 btg sereh
    600 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
    50 gr bawang merah iris
    1 bh kaldu blok
    6 sdm minyak untuk menumis.
    Daun pisang secukupnya, untuk membungkus

Bahan Tumisan:

    250 g tongkol, buang kepalanya
    3 bh bawang putih
    3 bh bawang merah
    2 bh cabe hijau, iris serong
    2 bh cabe merah besar, iris serong
    4 bh cabe rawit merah, iris serong
    1  sdt garam
    1 sdm kecap manis
    100 ml air
    1 bh kaldu blok
    4 sdm minyak goreng untuk menumis


Cara membuatnya:
-   Tumisan: panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga layu, masukkan cabe hijau, cabe merah, dan cabe rawit merah hingga harum, masukkan tongkol, aduk rata biarkan daging matang dan berubah warna, tuangi air, masak hingga air meresap dan kering, masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat.
-    Nasi : panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, garam dan kaldu blok, masak hingga mendidih, masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20menit hingga matang. Angkat.
-   Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan lk. 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan

regards,
Lidya
www.lidyadewa.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...