Kamis, 22 Maret 2012

Lontong Siram Sauto Tegal by Wulan

Melestarikan makanan khas daerah asal, mungkin tidak selalu mudah.....pernak-perniknya bisa bikin ribet....tapi Wulan tetap semangat mewujudkannya...


Permisi trio wokeeeh.. yang setiap hari semakin wokeeeeh J
Alhamdulillah akhirnya niat saya untuk mengikuti NCC lontong week ini terkabul oleh ALLAH, ditengah kesibukan saya sebagai seorang istri, ibu dan bakuler baru.. ini event pertama yang saya ikuti.. semoga sesuai dengan ketentuan.
Lontong adalah makanan yang sudah tidak asing lagi buat saya, tapi jujur saja, ini lontong pertama yang saya buat Alhamdulillah berhasil…  rasanya percaya ga percaya, kalo saya biasa bikin lontong.. dalam hati segampang ini kah bikin lontong.. hihihi… kedepannya mungkin harus bikin buat sendiri dan tidak usah beli untuk sarapan…
Saya terinspirasi membuat Lontong siram sauto Tegal.. karena Tegal adalah kota kelahiran Bapak dan suami saya, sebagai keturunan Tegal saya termotifasi mengangkat ciri khas makanan tegal.. yang resepnya saya dapat dari Alm. Ibu mertua tercinta.. panganan yang berbahan tauco ini membuat sensasi lain saat di nikmati..
Mari kita simak step by step pembuatan Lontong Siram Sauto tegal…

LONTONG
Bahan :
·         Beras ½ kg
·         Air untuk membuat aron ( secukupnya)
·         Daun Pisang untuk membungkus lontong
Cara membuat :
·         Cuci beras hingga bersih, tambahkan air masak hingga menjadi aron. Angkat dan letakkan dalam daun bungkus sesuai struk dan bentuk umum lontong (bulat memanjang) rekatkan dengan lidi, rebus dengan air hingga menutupi semua permukaan lontong.
·         Rebus 3-4 jam
·         Angkat tiriskan

SAUTO TEGAL
Bahan :
·         1 ekor ayam potong-potong rebus dengan 1500ml air sampai empuk
·         1 batang serai memarkan
·         5 lembar daun salam
Bumbu kuah :
·         6 siung bawang putih
·         8 siung bawang putih
·         4 butir kemiri
·         ½ Sdt lada bubuk
·         1 Sdt gula pasir
·         1 Sdm garam
·         1 sachet masako ayam

Bumbu sambel Tauco :
·         2 siung bawang merah
·         5 siung bawang putih
·         10 buah cabai merah dan 20 buah cabe rawit (rebus sampai empuk)
·         2 butir kemiri
·         5 Sdm Tauco

Bahan pelengkap :
·         Daun bawangsecukupnya dirajang
·         Bawang goreng
·         Tauge diseduh dengan air panas
·         Kerupuk
Cara membuat :
·         Sambal Tauco :
Haluskan bumbu sambal taucho lalu tumis sampai harum dan tambahkan air matang 50ml , setelah mendidih angkat sisihkan..
·         Kuah :
Haluskan semua bumbu kuah, tumis hingga harum masukkan daun salam, serai sampai harum. Lalu masukkan tumisan kedalam kuah rebusan daging ayam hingga mendidih. Ambil ayam potong kecil-kecil.
·         Cara penyajian :
Taruh dalam mangkuk lontong yang sudah dipotong-potong, tauge, ayam yang sudah dipotong-potong kecil-kecil, masukkan sambal sauto secukupnya, lalu siram dengan kuah sauto, taburi daun bawang dan bawang goreng..

Lontong Siram Sauto Tegal siap dihidangkan…
Ditambah kerupuk sebagai pelengkap…

SELAMAT MENIKMATI…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...